Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi S3 Manajemen Pendidikan FIP UNY

Program studi ini memiliki enam capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang mencerminkan penguasaan akademik dan profesional sesuai dengan tiga konsentrasi yang tersedia: Kepemimpinan Pendidikan, Penjaminan Mutu Pendidikan, dan Manajemen Kelembagaan Pendidikan. Capaian ini juga diselaraskan dengan visi program studi yang berfokus pada pengembangan ilmu, kebijakan, dan praktik pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keunggulan, keadilan, dan kearifan lokal-global dalam kebhinekaan.

No Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
a. Mampu mengidentifikasi dan merealisasikan nilai-nilai etika, keunggulan, keadilan, serta kearifan lokal-global dalam konteks kebhinekaan.

Lulusan dapat mengidentifikasi dan menerapkan nilai-nilai etika serta keadilan sosial yang bersumber dari kearifan lokal dan global dalam pengembangan ilmu pengetahuan, kebijakan, dan praktik pendidikan.

  • Konsentrasi Kepemimpinan Pendidikan: lulusan menempatkan nilai-nilai tersebut dalam upaya membangun kepemimpinan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
  • Konsentrasi Penjaminan Mutu Pendidikan: lulusan memastikan kebijakan dan praktik berlandaskan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam akses dan hasil pendidikan.
  • Konsentrasi Manajemen Kelembagaan Pendidikan: lulusan mengelola organisasi pendidikan yang mencerminkan keberagaman dan kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya dan kebijakan.
b. Menguasai teori kepemimpinan pendidikan dan perkembangannya serta memanfaatkannya untuk riset dan kebijakan.

Lulusan menguasai teori-teori kepemimpinan pendidikan, baik tradisional maupun kontemporer, dan mengintegrasikannya dalam perumusan kebijakan dan strategi pembelajaran.

  • Kepemimpinan Pendidikan: memanfaatkan teori kepemimpinan untuk merancang solusi inovatif yang meningkatkan kualitas pendidikan dan keberagaman dalam konteks global-lokal.
  • Penjaminan Mutu Pendidikan: menerapkan teori kepemimpinan dalam kebijakan peningkatan mutu pendidikan berbasis data dan evaluasi.
  • Manajemen Kelembagaan Pendidikan: mengaplikasikan teori kepemimpinan untuk memperkuat tata kelola organisasi pendidikan yang efisien dan efektif.
c. Mampu mengkritisi, mengevaluasi, dan mengadaptasi teori-teori kepemimpinan dan manajemen pendidikan untuk transformasi pembelajaran dan perubahan organisasi.

Lulusan memiliki kemampuan untuk mengkritisi dan mengevaluasi teori kepemimpinan dan manajemen pendidikan dalam upaya mentransformasi pembelajaran dan organisasi pendidikan.

  • Kepemimpinan Pendidikan: merancang dan memimpin perubahan yang menciptakan suasana belajar inklusif dan relevan.
  • Penjaminan Mutu Pendidikan: mengadaptasi teori kepemimpinan dan manajemen pendidikan untuk kebijakan peningkatan mutu berkelanjutan.
  • Manajemen Kelembagaan Pendidikan: mengelola perubahan organisasi secara efektif dengan prinsip manajemen berbasis hasil.
d. Menguasai metodologi penelitian dan mampu mendesain serta melaksanakan riset ilmiah yang orisinal dan teruji.

Lulusan menguasai berbagai metodologi penelitian dan mampu merancang riset ilmiah orisinal dan relevan untuk pengembangan teori dan praktik kepemimpinan serta manajemen pendidikan.

  • Kepemimpinan Pendidikan: merancang penelitian yang berkontribusi pada teori dan praktik kepemimpinan pendidikan yang efektif dan inklusif.
  • Penjaminan Mutu Pendidikan: meneliti sistem penjaminan mutu yang dapat diaplikasikan pada berbagai tingkat pendidikan.
  • Manajemen Kelembagaan Pendidikan: fokus pada riset perbaikan sistem manajemen dan tata kelola organisasi pendidikan.
e. Mampu menghasilkan riset dan publikasi ilmiah secara mandiri maupun kolaboratif.

Lulusan dapat menghasilkan riset ilmiah berkualitas, baik secara mandiri maupun kolaboratif, yang memperkaya teori dan praktik pendidikan.

  • Kepemimpinan Pendidikan: menghasilkan publikasi tentang penerapan teori kepemimpinan dalam konteks praktis.
  • Penjaminan Mutu Pendidikan: menghasilkan riset tentang pengembangan sistem dan kebijakan penjaminan mutu yang lebih baik.
  • Manajemen Kelembagaan Pendidikan: berkontribusi pada pengembangan teori manajemen kelembagaan yang adaptif terhadap kebutuhan pendidikan masa kini.
f. Mampu memberikan layanan konsultasi profesional kepada lembaga pendidikan.

Lulusan memiliki kemampuan memberikan layanan konsultasi kepada lembaga pemerintah dan swasta dalam pengembangan kebijakan dan program strategis pendidikan.

  • Kepemimpinan Pendidikan: memberikan konsultasi strategi kepemimpinan yang memfasilitasi inovasi dan keberagaman dalam sistem pendidikan.
  • Penjaminan Mutu Pendidikan: memberikan konsultasi dalam merancang dan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu yang meningkatkan efektivitas pendidikan.
  • Manajemen Kelembagaan Pendidikan: memberi layanan konsultasi pengelolaan kelembagaan pendidikan yang efisien, akuntabel, dan berkelanjutan.